Pengalaman Operasi Varikokel

Pagi sobat semua, jadi nih aku akan bercerita tentang pengalamanku saat operasi varikokel mulai dari sebab aku operasi, sensasi saat operasi, biaya, dan proses penyembuhan. Baiklah, langsung saja ke tema.

Varikokel merupakan pembengkakan pembuluh vena di dalam kantong skortum. Penyakit ini mirip varises di kaki tapi bedanya penyakit ini ada di kantong skortum. Biasanya terdapat di sisi kiri skortum. Penyakit ini dapat dihilangkan dengan melakukan operasi.

Bagi sebagian orang operasi adalah sesuatu yang terdengar berbahaya dan hanya bisa dilakukan karena penyakit yang serius dan menyangkut nyawa. Tapi, menurutku opini tersebut kurang benar. Bahkan, sama sekali gak ada benar-benarnya. Kau tau operasi varikokel yang kulakukan ini, jika tidak kulakukan aku juga akan tetap hidup hanya saja mungkin tanpa operasi ini hidupku kelak berbeda.

PENYEBAB

Jadi, berawal akhir bulan Desember 2017. Aku meminta kedua orang tuaku untuk mengecek kesehatan tubuhku keseluruhan di RST yang ada di Solo, kenapa harus kulakukan. Ya karena ingin mendaftar di salah satu sekolah ikatan dinas impianku sejak awal aku masuk SMA selain itu mencegah lebih baik bukan. Awalnya aku tidak tau tentang penyakit ini sama sekali. Dan setelah diperiksa kata dokter penyakitku ini sudah dalam kategori berat dan harus dioperasi awalnya kami sekeluarga syok. Bahkan, aku meminta orang tuaku tidak untuk menceritakan pada keluarga lainnya dan siapa saja. Walaupun pada akhirnya mereka tau. Tapi percayalah bagi siapapun yang membaca ini, aku beri sebuah saran.

Kau tidak harus menanggung bebanmu sendiri, angkatlah bersama yang lain niscaya itu akan lebih membantu

~hyp

Semakin banyak yang tau, maka semakin banyak yang akan mendoakanmu. Percayalah doa kecil yang dipanjatkan banyak orang akan sangat bermakna daripada doa besar yang dipanjatkan sendiri. InsyaAllah.

Mengetahui aku terkena penyakit itu, aku mulai mencari beragam artikel di website, video di youtube untuk mengetahui penyebabnya. Dari sanalah aku jadi sadar upayaku cukup terlambat, karena sudah terlanjur berat, maka pengobatan selain operasi sudah sia-sia berdasar versi yang ku baca. Jadi berikut penyebab varikokel menurutku ya :

  1. Pola hidup kurang teratur
  2. Olahraga berat (onani)
  3. Kurang istirahat
  4. Celana ketat
  5. Suhu panas

Kenapa aku memasukan 5 hal tersebut, ya menurutku karena itu yang paling utama. Untuk onani, sebenarnya aku cukup malu mengatakannya tapi untuk kebaikan bersama sebaiknya aku memberitahu. Hmmm, sejujurnya olahraga berat itu menurut sebagian besar penelitian baik bagi tubuh selama itu terjadwal dan tidak berlebihan (1 minggu/sekali). Namun, olahraga itu mampu membuat kecanduan yang akibatnya bisa fatal, ya silakan cari di google jika mau tau. Seperti remaja pada umumnya pasti pernah melakukan hal tersebut karena belum adanya tempat yang sesuai dan sensasi yang pasti sudah paham sendiri ya. Tapi, percayalah kesenangan tersebut hanyalah sementara. Selalu ingat bahwa penyesalan datang di akhir. Percaya atau tidak sih, jujur aku pernah sering melakukannya, mungkin puncaknya setiap hari kalo tidak salah. Pola yang salah itu terus berulang, bahkan aku pernah habis olahraga tersebut aku melakukan jogging. Padahal itu sangat tidak baik bagi tubuh.

Aku juga sering begadang. Kupikir itu keren tapi menurutku jika kalian hanya bermain game atau apalah atau malah ujung-ujungnya cuma lihat video dewasa. Sebaiknya STOP!!! Gak baik banget. Penyakit varikokel dapat membuat mandul dalam beberapa kasus. Sudah pokoknya, bagi yang belum terlambat mari kita tutup jalur maksiat ini dari diri masing-masing.

Selain itu, aku punya hobi renang, lha karena celanaku terlalu ketat dan aku belum punya rencana beli lagi ya akhirnya seperti itu, sebenarnya tidak mengapa kalo ketat hanya saja kurangi waktu pemakaiannya dan berdasar suatu website yang ku baca, usahakan kalo tidur tidak usah pakai celana dalam biar terjadi sirkulasi udara. Bahkan akan lebih baik jika lepas semua pakaian.

Bagi pembaca yang budiman, jika kalian juga terkena penyakit varikokel tak mengapa jika kalian juga menceritakan di kolom komentar karena dengan itu bisa menolong sesama.

SENSASI OPERASI

Aku operasi tanggal 5 Januari 2018 sekitar 1 setengah jam yang paling lama itu saat di ruang transit jadi bagi keluarga yang anggotanya di operasi sangat lama jangan terlalu khawatir, sensasi saat operasi sangat nyaman ruangan dingin, kita bahkan dibius. Dan hebatnya bagiku, kita bisa merasakan sensasi dari ujung kaki hingga ke atas tidak dapat digerakkan. Jadi pertama dokter akan menyuntikkan obat bius ke tulang belakang kita. Setelah itu, kita disuruh mengecek apakah kaki kita bergerak atau tidak. Dan setelah itu entah bagaimana mereka mulai bekerja dan hasilnya sekarang bekas jahitan sepanjang 2 cm yang bertengger di sisi kiri atas penis. Pasca operasi aku merasa sangat gerah. Tapi sayangnya belum bisa bergerak hingga obat biusnya habis. Jadi saranku, kalian paksa tidur aja kali. Main hp, baca buku juga boleh, sebaiknya gunakan untuk istirahat.

BIAYA OPERASI

Biaya operasi ini ditanggung pemerintah, jadi ASKES atau BPJS kalian bisa digunakan dan hasilnya gratis kecuali kalo kalian ambil kelas di atasnya. Untuk RS tempatku operasi hanya ditambahi biaya kamar di bawah 1 juta dan sekarang alhamdulillah sudah sembuh.

PROSES PENYEMBUHAN

Proses penyembuhan kalo aku sekitar 1 minggu. Oh iya lupa, sebaiknya usahaiin BAB sebelum operasi, soalnya gak enak kalo jahitannya belum lepas sudah BAB ehehe. Jadi aku berani BAB lagi setelah 3 hari kalo tidak salah. Sebenarnya juga gak kerasa sih. Dan penyembuhan ini gak sesakit sunatan(khitan) percayalah ini jauh lebih mudah. Karena kalo sunat itu menghilangkan bagian tubuh, dan kalo varikokel itu menghilangkan bagian yang menganggu jadi rasanya lebih nyaman. Kata dokter cuma perlu istirahat 1 minggu jika ingin olahraga. Kalo renang 2-3 minggu ke depan. Tapi waktu itu sekitar 2 minggu setelah operasi aku ujian praktek lari, sit up, pull up, dll. Alhamdulillah hasilnya tidak terlalu mengecewakan ya meskipun bukan yang terbaik.

Itulah pengalamanku, jika ada yang ditanyakan silakan di kolom komentar, dan sebagai penutup. Aku sadar pembaca artikel ini rata-rata orang yang pernah terkena/sedang terkena penykit varikokel. Percayalah, kalian tidak sendiri, oleh karena itu jangan takut berbagi kisah. Mari kita pikul beban ini bersama.

Sekian

.

sumber foto : http://jenispenyakitgonore.blogspot.com/2017/11/cara-pengobatan-umum-untuk-penderita-varikokel.html

Advertisements