Pengalaman Membaca Trilogi Bumi Tere Liye

Selamat malam,

Hi kawanku, sudah lama aku gak posting postingan baru. Tapi tak masalah sih, alhamdulillah postingan satunya laku keras. Oke, ini pengalamanku lagi ya. Membaca, ya membaca dari kecil pasti kita masih ingat orang tua kita dulu menyuruh kita belajar membaca. Tapi, sudahkah ada kenikmatan membaca itu. Buat kalian para pecinta novel Indonesia, pasti taulah pengarang ini Tere Liye, ya itu nama samaran. Nama aslinya cari aja di internet. Toh, untuk informasi saja aku menilai yang ku baca itu objektif, maksudnya dari ceritanya, bukan dari orangnya. Wkwk, padahal kalo dah suka sama pengarangnya. Biasanya semuanya jadi bagus aja, betul gak?

Kita terbang ke waktu smp, aku masih ingat dulu aku pertama kali membaca buku karangan Tere Liye judulnya Ayahku bukan Pembohong. Hmm, buku itu aku pinjem dari temenku namanya Nisa, ya pinjam teman lah. Pikirku sebelum itu, cowok gak keren baca novel. Eh buset dah, setelah baca itu. Masak iya dalam beberapa bab aku bisa menanggis ahahaha, ceritanya bener-bener oke sih dan pembawaannya unik. Jadi mantul lah pengarang Tere Liye ini.

Lanjut, beragam kisah berlalu, sebenarnya aku agak telat kalo mau membaca buku trilogi ini. Ya ini sudah ada sejak aku awal SMA, tapi aku baru membaca kelas 12 semester 2 kalo tidak salah sih. Yang jelas itu kelas 12, dan tentulah aku pinjem dari temenku namanya Nico, emang dah orang yang kupanggil inisial N suka membaca wkwk. Tapi, ya meskipun terlambat ku selalu ingat prinsip ini.

Tidak ada kata terlambat, yang benar adalah kau memulainya atau hanya mengimpikannya

~ handhikayp

Oke, jadi pada mulanya aku membaca ada tokoh namanya Raib, Ali, dan Seli. Lembar dilembar ku tempuh. Tiba-tiba aja udah berlembar-lembar. Tentulah aku kaget, ternyata aku telah hanyut dalam ceritanya. Gimana ya, baca buku ini itu kayak imajinasi kita itu terbongkar, ya bener-bener out of the box untuk ukuran pengarang Indonesia lho. Kalo menurut pikiranku sih ya bolehlah disamaiin novel Harry Potter, tapi setelah baca kalian tau pasti ini lebih ya sebenarnya ceritanya ringan tapi bobot imajinasinya itu perlu diapresiasi.  Bahkan aku berharap novel ini bisa di filmkan mungkin bisa lebih baik daripada Narnia. Tapi, mohon maaf Indonesia, melihat kondisi perfilman Indonesia, yang green screennya masih kacau. Sebaiknya jangan dulu mengotori maha karya ini. Tau maksudku kan, pasti jauh dari ekspektasi. Wkwkwk. Ya meskipun jujur aku juga belum bisa kalau kalian menyuruhku bikin filmya. Tapi mungkin, developer game final fantasy bisa juga mengambil ide cerita ini. Maksudku membeli, lah memang bener sih harusnya Indonesia yang ngembangin. Tapi, mau gimana lagi, hingga tahun politik ini berakhir, aku yakin isi dunia maya ini penuh dengan kepalsuan. Maksudnya kepalsuan disini tidak 100% salah. Karena hidup ini seperti yin dan yang. Tidak ada Kesalahan mutlak 100% dan kebenaran mutlak 100%.

Setiap putih selalu ada hitam dan setiap hitam selalu ada putih

~pepatah lama

Nah, ini nih reviewku. Hmm, info aja aku tuh gak suka spoiler, tapi jujur ini aku bakalan kasih garis besar. Jadi menurutku ini bukan novel trilogi, karena berdasarkan kamus bahasa Indonesia itu 3, bahakan hingga aku menulis artikel ini, sudah ada 6 buku, yaitu : bumi, bulan, matahari, bintang, komet, ceros dan baltazoar. Untukku sendiri sih, baru sampai buku bintang.

Kupikir ceritanya itu tentang planet-planet. Eh ternyata aku mendapatkan ilmu baru. Bahwa di tempat kita tinggal, terdapat dunia lain yang berjalan dengan waktu yang sama dengan kita. Tapi kita tidak dapat merasakannya. Itulah disebut dunia paralel. Petualangan dimulai ketika Raib memperloleh buku matematikanya. Yang telah disulap gurunya bernama miss Selena sebagai buku kehidupan. Dari sejak buku matematika itu diterima Raib, kejanggalan mulai terjadi, hingga terus berlanjut dan Raib diberitahu bahwa bukunya itu penghubung antar dunia paralel. Nah, dibuku pertama bumi, menceritakan kisah tentang dunia paralel bulan. Dalam buku disebut klan bulan. Nah, sejak dari itu aku jujur mulai terhenyak dengan cerita. Membayangkan betapa indahnya dunia tersebut. Gedung-gedung berada tinggi di langit. Menyisakan permukaan yang di penuhi pohon alami nan indah. Pokonya aku gak bisa njelasin semudah kalian membaca bukunya sendiri. Nah di buku ini musuh utamanya bernama Tamus dia itu terobsesi pada kisah Si Tanpa Mahkota. Hmmm, terjadilah pertempuran antar Tamus yang berusaha merebut buku kehidupan yang dipegang Raib. Hingga karena kecerdikan 3 saudara itu dibantu klan bulan. Maka mereka berhasil memenangkan pertempuran dan mengirim Tamus ke penjara bayangan di bawah bayangan.

Udah jangan bayangin penjara itu, pada waktu itu, aku juga belum ada gambaran penjara itu hingga buku ke-4 bintang. Sebenarnya, dari membaca buku ke-3 matahari kalian pasti sudah memikirkan lokasi penjaranya. Mungkin, yang segenius Ali, sudah dari buku ke-2 atau bahkan baru membaca buku sudah langsung tahu.

Hmmm, lanjut buku ke-2 Bulan, nah di buku kedua ini ternyata kisahnya semakin seru. Ini berkisah di klan matahari. Mengikuti tradisi di klan matahari yaitu mencari bunga matahari yang pertama mekar. Nah, serunya di buku ini, tentang kompetisi yang berlangsung. Selain kita diajak berpikir mengenai klan matahari, kita nanti dapat menemukan sebuah pesan moral yang berharga, dan untuk pesan itu tidak perlu saya sampaikan. Karena, menurutku sebuah pesan moral perlu dari diri mengalinya. Karena itu lebih mengena. Jadi yang jahat di sini adalah ketua konsil matahari, Fala Tara Tana IV. Masih membawa-bawa kisah si Tanpa Mahkota.

Lanjut, buku ke-3 Matahari, buku ini kisahnya juga tak kalah menarik, dimana Ali, dapat mengabungkan kekuatan 2 klan yaitu bulan dan matahari ke dalam DNA nya. Kemudian dengan kegeniusannya dia berhasil menyebutkan lokasi klan bintang. Padahal berdasarkan buku pertama klan bintang sangat sedikit informasinya semenjak perang besar oleh si Tanpa Mahkota. Mereka bertiga kemudian menelusuri klan bintang, bertemu dengan teknologi yang luar biasa maju, dimana selalu ada saja tokoh yang jahat, yaitu sekretaris dewan kota. Untuk buku ke-3 dan ke-4 sebenarnya sangat berkaitan karena masih menceritakan sekretaris Dewan Kota, hanya saja dengan tambahan pasukan dari klan bintang yang bertambah perkasa. Oh iya, dari buku ketiga mulai diceritakan ulang siapa itu si Tanpa Mahkota, tapi pada buku ini, penjahatnya tidak terobsesi pada tanpa mahkota. Mereka terobsesi untuk menghancurkan dunia paralel keseluruhan dan hanya menyisakan satu kota klan bintang yaitu kota Zaramaraz. Nah, sebenarnya, buku 4 adalah lanjutan langsung, karena pada buku ke-4 berisi penyelesain dari masalah yang timbul di akhir buku ketiga. Akan tetapi, di akhir buku ini muncul masalah baru, bahwa orang-orang yang terpenjara di dalam penjara bayangan di bawah bayangan terbebaskan.

Nah untuk buku 5 dan 6 aku belum membacanya. Hehe, jadi kalo boleh aku menyimpulkan. Secara garis besar, setiap judul buku selalu berkaitan dengan buku selanjutnya. Akan tetapi, kita harus mengapresiasi dari ide Tere Liye yang tidak pernah habis. Menyuguhkan panorama yang menurutku sangat out of the box. Bagi kalian, yang mungkin mencari rekomendasi buku bacaan novel yang bagus. Tentu buku ini sangat cocok, hmmm sepengetahuanku buku karangan Tere Liye ini sangat cocok untuk semua kalangan. Misal ya, jika pembaca anak-anak pasti mendapat banyak pesan mengenai persahabatan. Bagi pembaca dewasa mungkin dapat membantu merefresh pikiran dan melihat bahwa segala hal memang tidak mudah tapi akan selalu ada jalan keluar di setiap masalah.

Untuk harganya, hmmm menurutku sih terlalu mahal. Tapi, melihat pajak yang dibebankan oleh pihak gramedia pada pengarang ini. Menurutku oke sajalah, toh menurutku karyanya ini merupakan masterpiece, apalagi bisa dibuat film. Hmm, tentu dapat meraup banyak sekali keuntungan. Tentu untuk film ini dengan syarat sudah seminimal mungkin CGI nya sudah menyerupai film Harry Potter lah. Wkwkwk, tentu masih perlu waktu lama, sebenarnya sih bisa bagi bangsa ini menjadi sukses dalam industri film. Syaratnya sih jelas, mereka yang membuat itu harus mendapatkan support dari kita bangsa Indonesia.

Oke, saya sudah sampai di penghujung bahasan. Jadi, maksud saya membuat artikel ini, entah ada yang membaca atau tidak. Saya sangat berharap lebih banyak lagi pengarang yang berimajinasi tinggi, jujur saja saya suka menulis, hmm tapi tentu masih jauh jika dibandingkan beliau. Dan saya juga menyoroti perfilman Indonesia, yang menurutku akhir-akhir ini sudah lumayan bagus. Akan tetapi pemanfaatan CGI masih perlu ditingkatkan kembali, mungkin dengan bersatunya kita bangsa Indonesia ini. Bangsa ini dapat menjadi terdepan dalam industri perfilman. Karena jujur, novel ini bisa dikelaskan dengan novelnya J.K. Rowling. Hanya saja perlu bantuan menyebarkan.

Indonesia pasti akan segera maju, cepat atau lambat. Oleh karena itu, bekali diri kita dengan ilmu pengetahuan.

Demikian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan bagi para pembaca, saya tidak bermaksud menjelekkan instansi manapun, saya hanya ingin mengajak semua membenahi diri, mengurungkan ego pribadi, membangun bangsa ini, menjadi bangsa besar, kuat, dan berbudaya tinggi.

Sekian, selamat malam.

 

 

Advertisements

Pengalaman Operasi Varikokel

Pagi sobat semua, jadi nih aku akan bercerita tentang pengalamanku saat operasi varikokel mulai dari sebab aku operasi, sensasi saat operasi, biaya, dan proses penyembuhan. Baiklah, langsung saja ke tema.

Varikokel merupakan pembengkakan pembuluh vena di dalam kantong skortum. Penyakit ini mirip varises di kaki tapi bedanya penyakit ini ada di kantong skortum. Biasanya terdapat di sisi kiri skortum. Penyakit ini dapat dihilangkan dengan melakukan operasi.

Bagi sebagian orang operasi adalah sesuatu yang terdengar berbahaya dan hanya bisa dilakukan karena penyakit yang serius dan menyangkut nyawa. Tapi, menurutku opini tersebut kurang benar. Bahkan, sama sekali gak ada benar-benarnya. Kau tau operasi varikokel yang kulakukan ini, jika tidak kulakukan aku juga akan tetap hidup hanya saja mungkin tanpa operasi ini hidupku kelak berbeda.

PENYEBAB

Jadi, berawal akhir bulan Desember 2017. Aku meminta kedua orang tuaku untuk mengecek kesehatan tubuhku keseluruhan di RST yang ada di Solo, kenapa harus kulakukan. Ya karena ingin mendaftar di salah satu sekolah ikatan dinas impianku sejak awal aku masuk SMA selain itu mencegah lebih baik bukan. Awalnya aku tidak tau tentang penyakit ini sama sekali. Dan setelah diperiksa kata dokter penyakitku ini sudah dalam kategori berat dan harus dioperasi awalnya kami sekeluarga syok. Bahkan, aku meminta orang tuaku tidak untuk menceritakan pada keluarga lainnya dan siapa saja. Walaupun pada akhirnya mereka tau. Tapi percayalah bagi siapapun yang membaca ini, aku beri sebuah saran.

Kau tidak harus menanggung bebanmu sendiri, angkatlah bersama yang lain niscaya itu akan lebih membantu

~hyp

Semakin banyak yang tau, maka semakin banyak yang akan mendoakanmu. Percayalah doa kecil yang dipanjatkan banyak orang akan sangat bermakna daripada doa besar yang dipanjatkan sendiri. InsyaAllah.

Mengetahui aku terkena penyakit itu, aku mulai mencari beragam artikel di website, video di youtube untuk mengetahui penyebabnya. Dari sanalah aku jadi sadar upayaku cukup terlambat, karena sudah terlanjur berat, maka pengobatan selain operasi sudah sia-sia berdasar versi yang ku baca. Jadi berikut penyebab varikokel menurutku ya :

  1. Pola hidup kurang teratur
  2. Olahraga berat (onani)
  3. Kurang istirahat
  4. Celana ketat
  5. Suhu panas

Kenapa aku memasukan 5 hal tersebut, ya menurutku karena itu yang paling utama. Untuk onani, sebenarnya aku cukup malu mengatakannya tapi untuk kebaikan bersama sebaiknya aku memberitahu. Hmmm, sejujurnya olahraga berat itu menurut sebagian besar penelitian baik bagi tubuh selama itu terjadwal dan tidak berlebihan (1 minggu/sekali). Namun, olahraga itu mampu membuat kecanduan yang akibatnya bisa fatal, ya silakan cari di google jika mau tau. Seperti remaja pada umumnya pasti pernah melakukan hal tersebut karena belum adanya tempat yang sesuai dan sensasi yang pasti sudah paham sendiri ya. Tapi, percayalah kesenangan tersebut hanyalah sementara. Selalu ingat bahwa penyesalan datang di akhir. Percaya atau tidak sih, jujur aku pernah sering melakukannya, mungkin puncaknya setiap hari kalo tidak salah. Pola yang salah itu terus berulang, bahkan aku pernah habis olahraga tersebut aku melakukan jogging. Padahal itu sangat tidak baik bagi tubuh.

Aku juga sering begadang. Kupikir itu keren tapi menurutku jika kalian hanya bermain game atau apalah atau malah ujung-ujungnya cuma lihat video dewasa. Sebaiknya STOP!!! Gak baik banget. Penyakit varikokel dapat membuat mandul dalam beberapa kasus. Sudah pokoknya, bagi yang belum terlambat mari kita tutup jalur maksiat ini dari diri masing-masing.

Selain itu, aku punya hobi renang, lha karena celanaku terlalu ketat dan aku belum punya rencana beli lagi ya akhirnya seperti itu, sebenarnya tidak mengapa kalo ketat hanya saja kurangi waktu pemakaiannya dan berdasar suatu website yang ku baca, usahakan kalo tidur tidak usah pakai celana dalam biar terjadi sirkulasi udara. Bahkan akan lebih baik jika lepas semua pakaian.

Bagi pembaca yang budiman, jika kalian juga terkena penyakit varikokel tak mengapa jika kalian juga menceritakan di kolom komentar karena dengan itu bisa menolong sesama.

SENSASI OPERASI

Aku operasi tanggal 5 Januari 2018 sekitar 1 setengah jam yang paling lama itu saat di ruang transit jadi bagi keluarga yang anggotanya di operasi sangat lama jangan terlalu khawatir, sensasi saat operasi sangat nyaman ruangan dingin, kita bahkan dibius. Dan hebatnya bagiku, kita bisa merasakan sensasi dari ujung kaki hingga ke atas tidak dapat digerakkan. Jadi pertama dokter akan menyuntikkan obat bius ke tulang belakang kita. Setelah itu, kita disuruh mengecek apakah kaki kita bergerak atau tidak. Dan setelah itu entah bagaimana mereka mulai bekerja dan hasilnya sekarang bekas jahitan sepanjang 2 cm yang bertengger di sisi kiri atas penis. Pasca operasi aku merasa sangat gerah. Tapi sayangnya belum bisa bergerak hingga obat biusnya habis. Jadi saranku, kalian paksa tidur aja kali. Main hp, baca buku juga boleh, sebaiknya gunakan untuk istirahat.

BIAYA OPERASI

Biaya operasi ini ditanggung pemerintah, jadi ASKES atau BPJS kalian bisa digunakan dan hasilnya gratis kecuali kalo kalian ambil kelas di atasnya. Untuk RS tempatku operasi hanya ditambahi biaya kamar di bawah 1 juta dan sekarang alhamdulillah sudah sembuh.

PROSES PENYEMBUHAN

Proses penyembuhan kalo aku sekitar 1 minggu. Oh iya lupa, sebaiknya usahaiin BAB sebelum operasi, soalnya gak enak kalo jahitannya belum lepas sudah BAB ehehe. Jadi aku berani BAB lagi setelah 3 hari kalo tidak salah. Sebenarnya juga gak kerasa sih. Dan penyembuhan ini gak sesakit sunatan(khitan) percayalah ini jauh lebih mudah. Karena kalo sunat itu menghilangkan bagian tubuh, dan kalo varikokel itu menghilangkan bagian yang menganggu jadi rasanya lebih nyaman. Kata dokter cuma perlu istirahat 1 minggu jika ingin olahraga. Kalo renang 2-3 minggu ke depan. Tapi waktu itu sekitar 2 minggu setelah operasi aku ujian praktek lari, sit up, pull up, dll. Alhamdulillah hasilnya tidak terlalu mengecewakan ya meskipun bukan yang terbaik.

Itulah pengalamanku, jika ada yang ditanyakan silakan di kolom komentar, dan sebagai penutup. Aku sadar pembaca artikel ini rata-rata orang yang pernah terkena/sedang terkena penykit varikokel. Percayalah, kalian tidak sendiri, oleh karena itu jangan takut berbagi kisah. Mari kita pikul beban ini bersama.

Sekian

.

sumber foto : http://jenispenyakitgonore.blogspot.com/2017/11/cara-pengobatan-umum-untuk-penderita-varikokel.html